Post 16 : Cara Menggunakan Perintah Line dan Polyline pada AutoCad

Unknown

Penggunaan Perintah Line dan Polyline pada AutoCad

Perintah di dalam autocad sangatlah banyak, namun ada beberapa yang penting karena sangat sering digunakan dalam proses penggambaran. Dan untuk menggambar dengan autocad tidak perlu kita harus mengetahui semuanya, karena dengan sedikit menguasai perintah-perintah penting yang sangat sering digunakanpun sudah cukup. Nah, pada artikel kali ini saya akan mengulas sedikit printah yang cukup penting untuk diketahui seseorang yang ingin menguasai autocad, di antaranya ialah perintah Line dan Poyline, perintah ini digunakan untuk menggambar object  2D saja. Seberapa penting anda belajar itu akan semakin berpengaruh pada kualitas gambar anda. Ok, langsung saja ke TKP..

1. Pertama Perintah Line


Untuk memuncukan perintah line bisa melalui command dengan mengetikan perintah ;
Line kemudian tekan tombol Enter, maka perintah LINE telah aktif. Line berguna untuk membut garis.

Perintah LINE diakses melalui command

Atau bisa juga menjalankan perintah LINE melalui menu Ribbon.

Perintah LINE diakses melalui menu ribbon

2. Perintah Polyline


Perintah ini digunakn untuk membuat object dengan banyak sudut, tentunya paling simpel ialah bidang dengan 3 sudut karena tidak ada bidang dengan jumlah sudut 2 ataupun 1 hehe..
OK, untuk menjalankan perintah polyline ketikkan ;
- "POLYLINE" pada commnd kemudian tekan Enter, maka perintah ini akan aktif.
- Arahkan kesembarang tempat dalam area kerja autocad, dan masukan nilai sebagai penentu berapa banyak sudut yang hendak dibuat, secara default adalah 4 sides (sisi).

Perintah Polygon diakses melalui command


Klik dan tahan kemudian geser ketitik yang dikehendaki, kemudian lepas maka akan membentuk bidang dengan sudut yang telah kita tentukan.
Sebgai contoh jika saya hendak membuat object segi empat maka saya akan memasukan angka "4" pada perintah ini, yang mana bila perintah ini dieksekusi akan membentuk bidang yang mempunyai empat sisi (sides).

Perintah Polygon digunakan untuk membuat persegi

Perintah Polylnie dan Line memiliki fungsi yang sama, yaitu bisa digunakan untuk menggambar objek 2D. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa ada dua perintah yang mempunyai fungsi sama ?? mengapa tidak di hapus saja salah satunya. Jawabanya adalah bahwa dua perintah tersebut memang memiliki kesaman dalam fungsi penggunaanya, namun juga memiliki perbedaan pada objek yang dihasilkan.

Objek yang dihasilkan menggunakan perintah Line apabila di seleksi satu sisi objek tersebut maka bagian hanya sisi itu saja sedangkan sisi yang lainya tidak terseleksi. Ini dikarenakan objek yang dihasilkan dari perintah Line tidak membentuk suatu objek kesatuan. Berbeda dengan objek yang dihasilkan dengan perintah Polylnie, apabila salah satu sisi objek diseleksi maka secara keseluruhan objek akan terseleksi dikarenakan objek dari hasil perintah Polylnie ini membbentuk satu kesatuan (objeknya menyatu).

ok sekian dulu artikel tentang Penggunaan Perintah Line dan Polyline pada AutoCad, perintah penting selanjutnya akan saya bahas pada artikel selanjutnya.. semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »