Post 21 : Perintah untuk Memisahkan Objek AutoCad part 1

Unknown

Perintah untuk Memisahkan Objek pada AutoCad part 1


Memisahkan objek seringkali dilakukan dalam proses penggambaran bidang 2D maupun 3D pada aplikasi autocad, baik sebagian saja ataupun beberapa bagian dari objek yang dipisah serta dipindahkan. Begitu juga sebaliknya, menggabungkan objek juga sering dilakukan dalam proses penggambaran bidang 2D maupun 3D. 

Terkadang dalam membuat objek tertentu kita memerlukan objek bantu tidak hanya satu, tetapi beberapa objek bantu dan tentunya saling bersinggungan dengan bidang yang hendak kita buat sehingga kita perlu memisahkan salah satu garis ataupun objek yang bersinggungan itu. Adakalanya juga kita justru harus menggabungkan  beberapa buah garis ataupun objek untuk menggambar bidang yang kita kehendaki, oleh karena itu saya akan membahas beberapa perintah pada Autocad yang biasa digunakan untuk hal tersebut diatas, yang pada intinya adalah untuk memisahkan dan menggabungkan garis dan objek.

1. Perintah Explode


Perintah Explode ini berfungsi untuk memisahkan objek yang berbentuk Polyline menjadi objek Line yang memiliki titik sudut, oleh karena itu perintah explode ini tidak bisa digunakan untuk objek Circle ataupun Ellipse karena kedua objek ini tidak mempunyai sudut. Untuk menjalankan perintah ini bisa dengan cara ;
- mengetikan perintah Explode pada command kemudian tekan Enter
- atau bisa melalui menu Ribbon - pada kotak Modify - pilih Explode



Perintah untuk Memisahkan Objek pada AutoCad part 1
Cara menjalankan perintah Explode






Sebagai contoh, buatlah objek Polygon (segi 5) jika belum tahu cara membuat objek polygon maka anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang pembuatan polygon Penggunaan Perintah Polygon Pada AutoCad
- Setelah objek Polygon terbentuk,
- ketikan Explode pada command - Enter
- kemudian klik sekali lagi objek Polygon - Enter
- setelah di Explode objek Polygon akan menjadi objek Line bukan lagi objek Polyline

Perintah untuk Memisahkan Objek pada AutoCad part 1
Contoh perintah Explode

2. Perintah Break


Perintah Break pada autocad ini berfungsi untuk memisahkan sebuh objek garis menjadi dua ataupun lebih, baik berupa objek Line maupun objek Polyline. Tidak seperti Perintah Explode, Break bisa digunakan untuk objek lingkaran dan ellipse.


Cara menjalankan perintah Break ini cukup mudah,
- ketikan perintah "Break" - Enter
- pilih objek atau garis yang hendak di pisahkan
- tentukan titik pertama (first point)
- tentukan titik kedua (second point)
- Maka objek akan terpisah (dihapus), yaitu objek yang ber ada di antara first point dan second point.
 
Demikian pembahasan mengenai Perintah untuk Memisahkan Objek pada AutoCad part 1, Semoga bermanfaat. Dan sekian dulu artikel ini, semoga bermanfaat dan terimakasih. Selamat mencobanya ya..

Artikel Terkait

Previous
Next Post »