Post 13 : Mengenal dan Setting Koordinat Pada Autocad

Unknown

Mengenal lebih dalam tentang Koordinat pada Autocad 

Untuk memudahkan penggambaran menggunakan autocad maka kita harus mengerti tentang sistem koordinat, sebab aplikasi autocad menentukan akurasi gambar secara mendetail untuk membuat suatu objek. Sistem koordinat dalam autocad dibagi menjadi duan macam, yaitu koordinat cartesius (absolut dan relatif), dan yang kedua adalah koordinat polar. Mari kita bahas saja langsung tentang keduanya (tepatnya sih tiga) :)

1. Sistem Koordinat Cartesius

A. Koordinat Cartesius (Absolut)


Sistem Koordinate Cartesius Absolut ini digunakan sebagai acuan untuk membuat suatu garis atapun bidang dua dimensi (2D) yang mana titik origin (0,0) menjadi titik acuan pembuatan garis, sedangkan sumbu X dan sumbu Y menjadi tolak ukur panjang garis ataupun bidang yang hendak kita buat. Rumus menggunakan koordinat ini ialah  ( x,y ).

Coodinate Cartesius Absolut

B. Koordinate Cartesius (Relatif)


Sistem Koordinate Cartesius Releatif ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan Koordinat Cartesius Absolut, hanya saja koordinat relatif ini menggunakan titik origin sebagai acuan pembuatan garis ataupun bidang 2D hanya pada awal saja. Sedangkan acuan pembuatan garis yang kedua atau berikutnya yaitu titik akhir garis yang pertama. Rumus koordinate ini ialah ( @x,y ).

Sebagai contoh kita akan membuat dua buah garis yaitu garis 1 dan garis 2, garis satu memiliki panjang dari titik a sampai titik b, sedangkan gris 2 memiliki panjang dari titik c sampai titik d. Pada contoh diatas acuan garis satu yaitu titik origin (0,0) sedangkan acuan garis kedua ialah titik terakhir dari garis ke satu yaitu titik b.


Contoh koordinate cartesius relatif

2. Sistem Koordinate Polar


Sistem koordinat polar ini berfungsi untuk membuat (bisa juga untuk menghitung) suatu garis ataupun bidang yang memiliki panjang dan sudut, yang mana titik awalnya ialah titik origin, sedang titik awal selanjutnya ialah titik terakhir dari garis yang kita buat. Rumus dari koordinat polar ini ialah ( @panjang<sudut ).

Sebagai contoh, saya akan membuat suatu bidang jajar genjang seperti gambar dibawah ini, tapi maaf kalo gambar kurang simetris karena saya buat dengan photosup tanpa acuan koordinat hehe..


Contoh penggunaan Koordinat Polar
Dari contoh gambar di atas maka perintah yang saya ketikan di command adalah sbagai berikut :
" LINE - LINE Specify first point ; 0,0 " kemudian tekan Enter, selanjutnya
" @20<45 " kemudian tekan Enter, selanjutnya
" @20<360 " kemudian tekan Enter, selanjutnya
" @20<270 " kemudian tekan Enter, dan untuk menutup garis makan ketikan " c " dan tekan Enter.

Dalam gambar angka 1 saya ibaratkan 10, 2 di ibaratkan 20  dan seterusnya. Sedangkan maksud   dari perintah 45, 360, 270  ini adalah derajat, tapi mengapa tidak menggunakan  nilai derajat 45,0,45 ??
bingung.. ?? ah tidak perlu kawan, karena saya akan menjelaskanya.. hehe
Dalam autocad untuk menghitung suatu sudut dari titik tertentu menggunakan perputaran yang berlawanan dengan arah jarum jam, hal ini disebut Counter Clockwise / CCW. CCW adalah sistem perputaran sudut default pada AutoCad.

Sekian tentang pembahasan mengenai koordinate pada autocad. Selamat belajar, semoga bermanfaat..

Artikel Terkait

Previous
Next Post »