Post 19 : Membuat Bill of Material (BOM) di Autocad

Unknown

Membuat Bill of Material (BOM) di Autocad

Sebelum membahas proses pembuatan Bill of Material (BOM) pada aplikasi autocad, terlebih dahulu saya akan memeberikan sedikit pengertian tentang BoM. Bill of Material adalah daftar seluruh komponen, baik yang kecil maupun yang besar (dilihat dari harga maupun bentuk fisiknya), bahan baku maupun bahan pendukung, tenaga kerja dan waktu yang diperlukan untuk membuat suatu produk. BOM tidak hanya mendesripsikan kebutuhan proses produksi sampai berwujud barang jadi, tapi juga bermanfaat untuk penghitungan biaya produksi yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai acuan harga jual produk. Selain itu BoM juga dapat dipakai sebagai daftar bahan yang harus dikeluarkan untuk unit kerja bagian produksi atau perakitan.

Secara simpel jika anda pernah mendapat proyek membuat rumah tinggal misalnya, maka anda perlu daftar material apa saja yang akan dibeli untuk kebutuhan membangun rumah tersebut mulai dari semen, pasir, batu bata dll. Nah daftar tersebutlah yang dinamakan Bill of Material.

Sekarang kita akan membahas bagaimana cara membuat BOM tersebut dengan aplikasi Autocad. Pada dasarnya pembuatan Bill of Material di Autocad sama saja dengan membuat BOM pada aplikasi yang lainya, seperti menggunakan Ms. Exel. Pada Autocad kita bisa menggunakan perintah Tabel, bagai mana menggunakan perinth Tabel..? mari kita bahas bersama..
- ketikan TABEL pada command window, Enter
- atau bisa melalui Menu Bar - Draw - Tabel 

Mengakses perintah Tabel dari command dan menu bar
- setelah itu akan muncul jendela Tabel (Insert Tabel)
- pada menu Insert option, pilih Start from empty table
- aturlah berapa jumlah kolom, baris, background tabel ataupun cell sesuai kebutuhan anda

Membuat Bill of Material (BOM) di Autocad
Pilih Start from empty table dan atur kolom, serta barisnya


Jika anda ternyata sudah terbiasa membuat BoM dengan Ms. Exel, maka autocad juga telah mendukung cara mengimport file exel ke dalam autocad. Mari kita bahas cara mengimport file exel ke aplikasi autocad.

- pertama anda harus sudah membuat tabel dengan Ms. Exel
- selanjutnya pada aplikasi autocad, jalankan perintah Table
- pada menu Insert Option, pilih From a data link


Membuat Bill of Material (BOM) di Autocad

-  klik "Create a new Excel data link", isi namanya pada kolom nama yang tersedia, bisa diisi dengan sembarang nama yang anda inginkan. Kemudian klik "OK" untuk mengakhiri perintah


Membuat Bill of Material (BOM) di Autocad


- klik tombol Browse for a file, pilih file excel yang ingin anda buat linknya (import)

- jika file exel tadi sudah terbaca akan ada previewnya. Klik "OK" sebanyak 3x untuk menyelesaikan fitur tabel. Kemudian arahkan kursor ke area kerja autocad dan klik dimana Anda ingin menaruh tabelnya.

Membuat Bill of Material (BOM) di Autocad

Jika anda ingin mengeksport tabel dari autocad ke Ms. Exel caranya juga cukup mudah, anda tinggal blok dan pilih semua tabel yang ingin anda export ke Ms. exel kemudian klik kanan pilih export

Membuat Bill of Material (BOM) di Autocad

Selanjutnya anda tentukan folder dan nama file tabel yang di eksport. Tabel hanya dapat disimpan dengan format atau ekstensi  ".csv "
Setelah tersimpan anda bisa membuka tabel.csv tersebut dengan Ms. exel.

Sekian pembahasan tentang Membuat Bill of Material (BOM) di Autocad. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat..

Artikel Terkait

Previous
Next Post »