Post 33 : Pencerminan Object Menggunakan Perintah Mirror

Unknown

Penggunaan Perintah Mirror Autocad


Kata Mirror bisa diartikan cermin atau gambar bayangan (terbalik), seperti itu juga prinsip perintah Mirror pada aplikasi Autocad. Perintah ini sering digunakan untuk pencerminan suatu objek, karena tool ini dapat menduplikasi / mengcopy objek yang hasilnya akan sama persis dengan objek sumber, hanya saja keadaan objek hasil duplikasi dalam keadaan berlawanan atau berhadapan seperti ketika ada suatu benda diletakan dihadapan cermin yaitu sejajar dengan garis sumbu atau garis tengah.

Perlu diketahui para pembaca setia www.goautocad.net bahwa terdapat dua pilihan dalam menggunakan perintah Mirror pada aplikasi Autocad, yaitu dengan menyertakan objek yang diduplikat tanpa menghapusnya. Dan pilihan yang kedua adalah tidak menyertakan objek yang diduplikat (objek sumber dihapus). Selain itu perintah ini dapat dilakukan dengan berbagai macam arah pencerminan, dengan arah horisontal, vertikal, maupun dengan arah sesuai keinginan drafter (sang pembuat gaambar).

Tahapan Melakukan Pencerminan Dengan Perintah Mirror


Untuk menjalankan perintah ini dapat kita lakukan dengan cara;
- klik ikon Mirror pada toolbar, atau
- bisa dengan mengetikan MI (MIRROR) pada kolom perintah
- pilih objek yang akan di duplikasi, kemudian tekan tombol Enter
- pilih titik pertama pada garis sumbu, tentukan arah Mirror sesuai   keinginan
- pilih titik terakhir pada garis sumbu, kemudian
- tentukan pilihan untuk menghilangkan gambar awal atau tidak, jika ingin   menghapus gambar awal maka silahkan ketikan Y pada command, sedangkan   bila tidak ingin menghapus gambar awal bisa mengetikan N, kemudian tekan   tombol Enter.

Sebagai contoh bila kita akan menerapkankan perintah Mirror pada objek tertentu, maka langkah melakukannya ialah sebagai berikut;

- anggaplah kita telah membuat objek rectangle
- ketikan MI (MIRROR) pada command window, kemudian tekan Enter
- atau bisa dengan mengklik icon mirror pada menu bar
- pilih objek yang akan di duplikasi, kemudian tekan Enter
- pilih titik pertama pada garis sumbu (base point), tentukan arah Mirror sesuai keinginan
- pilih titik terakhir pada garis sumbu (end point), kemudian
- tentukan pilihan untuk menghilangkan gambar awal atau tidak, jika ingin menghapus gambar awal maka silahkan ketikan Y pada command, sedangkan bila tidak ingin menghapus gambar awal bisa mengetikan N, kemudian tekan tombol Enter.

Pencerminan objek dengan perintah mirror GoAutocad


Ok para pembaca blog Go Auto Cad, demikianlah pembahasan mengenai tutorial ataupun cara menggunakan perintah Mirror dalam aplikasi Autocad. Anda bisa langsung saja mencobanya sendiri, cobalah sampai berulang kali sampai betul-betul menguasainya karena untuk menjadi seorang ahli memang harus sesering mungkin belajar dan praktik langsung. Selamat belajar semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semuanya.

Googlock ..!!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »