Post 30 : Cara Menggunakan Perintah Copy Autocad

Unknown

PENGGUNAAN PERINTAH COPY AUTOCAD

Perintah Copy pada aplikasi autocad sebetulnya mempunyai fungsi yang sama dengan perintah copy pada aplikasi-aplikasi yang lainnya, yaitu menggandakan objek yang sama persis dengan objek yang di copy. Perintah Copy pada autocad masuk ke dalam kategori perintah modifikasi seperti halnya perintah Move, Mirror, Lengthen dan perintah-perintah modifikasi yang lainya. 

Perintah Copy ini memiliki persamaan dengan perintah modifikasi yang lain (Mirror dan Array) yaitu menduplikasi objek, yang membedakan adalah dengan Copy kita dapat menempatkan objek hasil duplikasi sesuai keinginan kita sedangkan dengan perintah Mirror dan Array peletakan objek serta teknik duplikasinya memiliki peraturan tersendiri (teratur). Selain itu dengan perintah ini, kita akan sangat terbantu ketika ingin membuat objek gambar yang sama dalam jumlah yang banyak, karena kita tidak perlu lagi mengulangi pembuatan gambar yang sama berkali-kali.
 

Secara default, perintah Copy dapat menduplikasi objek secara multiple (banyak objek), namun bila kita ingin melakukan duplikasi objek satu kali saja maka dapat dilakukan dengan menekan tombol Enter setelah menempatkan objek duplikasi pada gambar sesuai keinginan kita.




Langkah Dalam Menggunakan Perintah Copy


Untuk mengoperasikan perintah Copy hampir sama dengan melakukan perintah Move dapat dilakukan melalui commadan window atau

- Ketik co
(Enter)
- Pilih objek
(Enter)
- tentukan base point
- pilih area yang ingin ditempatkan objek duplikasi-nya
(Enter) Gambar 1.

Perintah copy autocad www.goautocad.net


Ada satu keistimewaan perintah Copy lagi, yaitu pada perintah ini terdapat opsi Array, opsi ini sama persis dengan perintah Array. Untuk melakukan array menggunakan Copy hanya perlu mengetikkan A pada command window dalam subperintahnya sewaktu ingin melakukan duplikasi objek.

Ketik co (Enter)
- pilih objek
(Enter)
- tentukan base point
- ketik A enter
- tentukan jumlah objeknya
(Enter)
- kemudian gerakkan mouse secara vertikal atau horizontal untuk meng-copy objek dalam jumlah  banyak berurutan. Gambar 2.


Selain mengetikan perintah CO pada command window, kita juga dapat menggunakan kombinasi tombol Ctrl + C yang kemudian dilanjutkan dengan kombinasi tombol Ctrl + V sebagai eksekusi perintah Copy tersebut. 


Demikianlah cara menggunakan perintah Copy pada aplikasi autocad, silahkan anda praktekan berkali-kali agar lekas menguasainya. Selamat mencobanya, semoga bermanfaat.

Goodluck..!!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »