Post 54 : Menampilkan dan menyembunyikan Constraint

Unknown

Show / Hide Constraint pada Autocad


Halo sobat semua, sudah cukup lama blog ini tidak kami update karena kesibukan yang cukup menyita waktu. Tapi Alhamdulillah sekarang kesibukan sudah mulai berkurang dan kami akan memberikan sebuah artikel mengenai Constraint lagi, tapi pada pembahasan kali ini bukan tentang pembuatan Constraint melainkan bagaimana cara menampilkan dan menyembunyikan Constrain yang telah dibuat.

Mengapa harus ada ketentuan atau menu untuk show/hide constraint segala sih, kan tujuan kita buat Constraint adalah biar terlihat, mungkin itu yang menjadi pertanyaan sobat semua hehe.. Menu untuk menampilkan dan menghilangkan constraint ini kita perlukan bila mana dalam gambar menuntut kedetailan yang nyata. Sedangkan situasi gambar yang begitu kompleks dan jarak antar garis yang begitu dekat berhimpitan sehingga simbol constraint yang muncul terlihat tumpang tindih atau malah menghalangi gambar yang jauh lebih penting, maka sudah semestinya kita hilangkan saja simbol-simbol constraint tersebut.

Untuk lebih lanjut, simbol constraint ini bisa juga dihapus secara menyeluruh (Delet All) atau hanya sebagaian saja sesuai dengan kebutuhan sobat. Oke sobat www.goautocad.net mari kita bahas bersama bagaimana caranya melakukan Show/Hide Constraint pada aplikasi autocad ini, sudah penasaran bukan ... ?? hehe simak baik-baik ya..

Seperti kita akan membuat Constraint pada artikel-artikel sebelumnya, misal pada artikel mengaplikasi Constraint Simetric begitu juga untuk menampilkan dan menyembunyikan constraint kita juga harus melakukannya melalui menu Parametric. 

Tahapan Dalam Menampilkan dan Menyembunyikan Constraint

Oke mari langsung kita bahas bagaiaman melakukannya..
Pertama silahkan klik menu Parametric, kemudian pada menu Geometri perhatikan Show/Hode 
bila anda ingin menyembunyikan constraint maka klik Show/Hide, selanjutnya
pilih objek yang hendak anda ingin sembunyikan constraintnya, kemudian Enter


Menampilkan dan menyembunyikan (show/hide) Constraint


Setelah memilih Hide, maka constraint akan disembunyikan..
Sedangkan untuk menampilkan lagi constraint yang telah disembunyikan maka langkah melakukannya sama persis seperti ketika menyembunyikan (Hide) Constraint, hanya saja anda tinggal memilih Show, maka simbol Constraint akan muncul kembali. Selain itu anda juga bisa menyembunyikan simbol constraint secra menyeluruh dan juga bisa menampilkannya secara menyelluruh juga dengan memilih Hide All atau Show All

Anda juga bisa melakukan hal yang sama untuk constraint Dimensional, bila anda ingin menampilkan atau menyembunyikan simbol constraint maka anda hanya perlu beralih dari menu Geometri ke menu Dimensional pada menu Parametric, cara melakukanya pun sama persis seperti melakukan Show dan Hide pada menu Geometric.

Oke sobat, demikianlah pembahasan mengenai cara Menampilkan danMenyembunyikan  Constraint (Show/Hide) pada autocad. Sudah paham kan..?? Jika belum silahkan dicoba sendiri ya..
Goodluck..

Artikel Terkait

Previous
Next Post »