Post 5 : Pengoprasian dan Setting Klik Kanan Autocad

Unknown

Melakukan Pengoprasian dan Setting Klik Kanan AutoCad

Berbicara tentang klik kanan tentu tidak lepas dari yang namanya mouse, karena pengoprasian klik kanan ini memenag menggunakan perangkat yang satu ini. Dengan adanya perangkat mouse semakin memudahkan kita dalam proses mengganbar desain, karena mouse dapat di gunakan untuk mengarahkan kursor pada titik-tikit yang di inginkan guna mengaktiftakan perintah yang akan di jalankan.

Klik kanan pada aplikasi Autocad mempunyai cukup banyak fungsi, di antara fungsi klik kanan tersebut adalah untuk mengeksekusi ataupun mengaktifkan perintah-perintah yang di jalankan menggunakan perangkat mouse. Untuk mengetahui fungsi dan cara pengoprasian klik kanan pada autocad ini, anda dapat membaca pembahasanya sampai tuntas pada artikel ini. Baiklah para pembaca www.goautocad.net, mari kita bahas bersama bagaimana cara melakukan pengoprasian dan pengaturan klik kanan ini.

Pengoprasian Klik Kanan / Right Click Autocad


Seperti yang kami jelaskan di atas, yaitu di antara fungsi-fungsi klik kanan ini adalah untuk mengaktifkan perintah-perintah yang di lakukan dengan mouse. Oleh karena itu kita harus tahu perintah apa saja yang dapat di aktifkan menggunakan klik kanan. Menu perintah tersebut ialah sebagai berikut :

  1. Menu teratas pada klik kanan Repeat merupakan menu terakhir yang kita jalankan di autocad, jadi setiap kali klik kanan menu teratas ini akan berubah sesuai perintah terakhir yang kita jalankan.
  2. Menu selanjutnya ialah recent input, yaitu menu yang pernah kita masukan pada aplikasi autocad
  3. 3- Menu Clipboard, menu ini terdiri dari beberapa submenu yang di antaranya ialah menu cut, copy, dan copy with BasePoint. Copy with BasePiont ini berfungsi untuk menduplikat atau mengcopy objek dengan penentuan titik tertentu.
  4. Menu Isolate, menu ini berfungsi untuk memisahkan objek, menyembunyikan ataupun untuk mengakhiri perintah isolate.
  5. Menu Undo,  menu ini sama halnya dengan menu undo yang kita ketikan di kotak commad yang fungsinya untuk membatalkan perintah.
  6. Menu  Quick Selection, menu ini untuk membuat seleksi pada objek secara cepat
  7. Menu Quick Calculate, menu ini untuk memanggil kalkulator apabila kita menginginkan perhitungan 
  8. Menu Options.. menu options ini memiliki banyak menu di dalamnya, bila di klik maka akan keluar jendela menu yang berisi submenu pada Options, selain itu ada menu zoom, pan dan lainya yang mungkin akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya. 


Pengoprasian dan Setting Klik Kanan Autocad www.goautocad.net

Mudah Mengatur Klik Kanan AutoCad


Untuk melakukan setting klik kanan pada autocad bisa dilakukan dengan melakukan klik kanan pada lembar kerja, kemudian pilih menu Options, setelah muncul kotak options klik → User perferens, cari menu Windows Behavior  dan pilih → Right clik cuztomitations → terdapat tiga pilihan menu yaitu :




Default Mode opsi ini berlaku apabila tidak ada objek yang terseleksi, dan klik kanan pada opsi ini memiliki dua pilihan pengaturan.
  • Repeat Last Command, jika opsi ini yang dipilih maka klik kanan berfungsi untuk mengulang perintah yang terakhir kali dilakukan.
  • Sortcut Menu, jika opsi ini yang dipilih maka klik kanan berfungsi untuk memunculkan kotak menu yang berisi menu-menu seperti yang telah dijelaskan diatas.
# Edit Mode, pada opsi ini klik kana memiliki fungsi yang sama dengan opsi #Default Mode

# Command Mode,  dan pada opsi yang terakhir ini klik kanan berfungsi sebagai Enter untuk mengeksekusi perintah, bisa juga sebagai Sortcut Menu (selalu)  dan bisa sebagai Sortcut Menu (enabled bila fungsi perintah sedang aktif)

         Sebagai contoh bila kita dalam opsi Default Mode kita mengetikan perinta Line lalu kita membuat sembarang garis pada lembar kerja di autocad, setelah selesai membuat line atau garis tersebut melakukan klik kanan maka jika yang dipilih opsi
  • Repeat Last Command, maka klik kanan berfungsi untuk mengulang perintah yang terakhir kali dilakukan, yaitu perintah Line, namun apabila yang dipilih.
  • Sortcut Menu, maka klik kanan berfungsi untuk memunculkan kotak menu.
Demikianlah pembahasan mengenai pengoprasian dan setting klik kanan pada aplikasi autocad. Silahkan anda pelajari dan mencoba menu-menu yang ada agar lebih bisa memahami fungsi dan cara melakukan penyetingannya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.





Artikel Terkait

Previous
Next Post »