Post 4 : Mengenal Perintah Autocad Dan Cara Pengeditannya

Unknown
Cara Mengedit | Menambah | Dan Menghapus Perintah AutoCAD

Aplikasi Autocad merupakan aplikasi yang cukup unik. Sebab selain mempunyai perintah menu dan toolbar, autocad juga mempunyai perintah berupa text yang bisa dimasukan ke dalam command line (kotak / baris perintah). Command line ini bisa digunakan untuk menjalankan fungsi pengganti toolbar sekaligus untuk memasukan nilai dari fungsi itu sendiri. Perintah pada autocad yang bisa anda akses dan edit yaitu melalui Tool > Customize > Edit Program Parameter (acad.pgp). Anda dapat mengedit perintah-perintah tersebut (yang ada pada file.pgp) sesuai dengan keinginan anda.

Sebagai contoh untuk perintah C (defaultnya adalah untuk Circle/lingkaran) dan Co (defaultnya adalah untuk Copy). Maka dapat diganti C untuk copy dan Ci untuk circle, dikarenan dalam menggambar perintah Copy lebih sering dipakai dari pada perintah Circle, sehingga jauh lebih memudahkan kita dalam menggambar dan sangat efisien. Dengan mengedit perintah autocad pada acad.pgp ini kita tidak perlu lagi mengubah-ubahnya ketika suatu saat kita terpaksa menginstal ulang aplikasi autocad kita, secara otomatis settingan ini akan tersimpan pada autocad.

Mengenal Perintah Autocad Dan Cara Pengeditannya


Bila Mengedit, Dan Menghapus perintah Autocad dapat dilakukan, bisakah Menambah perintah di autocad?

Jawabannya adalah bisa, anda dapat menambahkan keyboard shortcut perintah baru pada autocad. Misalnya, secara default autocad tidak memiliki keyboard shortcut untuk mengunci/membuka layer. Anda dapat menambahkannya dengan LL (layer lock) dan LU (layer unlock).

Cara kedua untuk menyetting dan mengedit perintah autocad

Selain cara diatas kita juga dapat mengedit perintah autocad dengan memanggil kotak dialog acad.pgp melalui command line, caranya yaitu ;

Pertama, jalankan aplikasi autocad teman-teman dan ketikan AL pada kolom command atau kotak perintah, dan pilih ALIASEDIT, setelah itu, akan muncul  tampilan acad.pgp.

Dalam tabel acad.pgp  kita bisa melihat perintah-perintah yang terdapat pada autocad, kita bisa menambah perintah, mengedit, dan menghapusnya. Lakukan sesuai dengan kenyamanan masing-masing, namun saya tidak menyarankan untuk menghapus perintah-perintah tersebut karena mungkin suatu saat kita butuhkan dan kita tidak akan kesulitan untuk mencarinya.

Sebagai contoh kita ubah perintah 3A yaitu perintah untuk menampilkan 3D ARRAY. Kita rubah dengan huruf saja umpamanya dengan huruf AR, caranya sangat mudah kita tinggal pilih 3A terus klik tombol Edit yang ada disebelah kanan, kemudian di apply dan ok. 
Sebagai pembuktian silahkan teman-teman mencoba mengetikan perintah AR di kotak perintah command, maka akan muncul tampilan 3D ARRAY.

Selain perintah internal, autocad juga dapat digunakan untuk melakukan perintah eksternal. Misalnya, membuka ms.excel langsung dari autocad dengan perintah excel, membuka ms.word langsung dari autocad, hanya dengan perintah word, dan membuka, membuka adobe pdf, dengan perintah pdf.


Ok sekian dulu, selamat mencoba dan googluck..

Artikel Terkait

Previous
Next Post »