Post 35 : Langkah Mudah Membuat Atribut Untuk Object

Unknown

Cara Pembuatan Attribute pada AutoCad


Pada proses pembuatan gambar yang cukup kompleks dalam aplikasi autocad penggunaan Attribut sangatlah di perlukan, karena attribute ini mempunyai beberapa  perbedaan dengan teks. Pembuatan attribute ini sangat erat kaitanya dengan Block (jika anda belum tau apa itu Block, silahkan baca artikel saya sebelumnya tentang Mengenal Block Autocad dan cara pembuatanya),  karena dalam pembuatan block yang secara langsung menggabungkan object dengan text maka untuk merubah text tersebut adalah tidak bisa, berbeda jika menggunakan attribute. Mari langsung menuju pembahasan tentang cara pembuatanya :

Pada menu bar, pilihlah Block - Define Attributes, maka akan muncul kotak dialog Attribute Definition seperti dibawah ini :

Langkah Mudah Membuat Atribut Untuk Object
Klik gambar untuk perbesar


yang perlu diperhatikan adalah menu Attribute, Tag, Promt, dan Default harus di isi, untuk penjelasan pengisianya ialah sebagai berikut :

Tag : yang di isikan pada tag ini ialah yang akan muncul sebagai karekter pada Attribute, perlu di ingat bahwa tidak boleh ada sepasi ya.
Promt : bisa di isikan ID atau Nama, atau yang lainya silahkan
Default : di isikan bentuk asli attribute tersebut yang di inginkan, jika ingin berupa tulisan ya silahkan di isikan text.

Setelah selesai mengisi semua yang ada pada kotak dialog Define Attribute tersebut silahkan klik Ok, kemudian arahkan kursor pada area kerja, trus klik sekali maka Attribute telah terbentuk.

Demikianlah cara pembuatan Attribute pada autocad, silahkan mencobanya dan semoga lekas menguasainya. Goodluck ...!!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »