Post 36 : Tahapan Melakukan Insert Block Pada Autocad

Unknown

Cara melakukan Insert Block

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas bagaimana cara membut block pada autocad dan pada kesempatan ini saya akan membahas bagaimana memasukan block (insert block) dalam hal ini adalah block yang telah saya buat, jika anda belum memuatnya silahkan buat block dahulu untuk mengikuti tutorial ini.

Oke para pembaca blog www.goautocad.net, langsung saja, saya anggap anda telah paham dan bisa membuat sebuah block sekaligus sudah membuatnya. Untuk memasukan (insert) block yang telah anda buat tadi kedalam gambar (drawing) maka ikutilah langkah berikut ini :

  1. Pada Menu Bar pilihlah >  tab Home  > tab Block > pilih insert untuk mengaktifkan INSERT
  2. Maka akan muncul kotak dialog INSERT, selanjutnya
  3. Dari daftar drop-down Name, pilih blok yang ingin Anda masukkan. daftar (drop-down) berisi nama semua blok yang telah dibuat dalam gambar, atau anda bisa juga mengklik tombol Browse untuk mencari file Block yang ingin anda masukan bila file tersebut anda tempatkan pada folder tersendiri.
  4. Pada bagian Insertion Point, Anda bisa memasukan nilai koordinat untuk block yang akan di Insert, namun jika anda tidak mengetahuinya (belum memahami apa itu koordinate pada autocad) maka biarkan saja opsi ini secara default (yaitu terceklist).
  5. Pada bagian Scale, anda bisa memasukan nilai sekala sesui kebutuhan, secara default Uniform Scale tidak terceklist (autocad 2012) yang artinya titik koordinate X, Y, dan Z, sekalanya dapat diatur sesuai kebutuhan (nilai X, Y, dan Z tidak sama) dan bisa digunakan untuk objek 3D. Jika Check box Uniform scale di ceklis maka titik X, Y, dan Z memiliki satu nilai sekala yang sama.
  6. Pada bagian Rotation anda bisa memasukan nilai angle (sudut kemiringan) objek Block, silahkan di isi sesuai kebutuhan anda, sesuaikan berapa derajat angle yang ingin anda tentukan.
  7. Jika sudah selesai menyeting Insert, selanjutnya klik Ok untuk menutup kotak dialog INSERT, dan kembali ke gambar anda.
  8. Pada area gambar klik sekali untuk meletakan object Block, maka perintah insert telah berhasil.
Cara Insert Block Pada Autocad
Kotak dialog INSERT pada Autocad


Sedikit tambahan, jika pada saat melakukan setting pada kotak dialog INSERT check box Explod tidak di cheklis maka objek akan berbentuk suatu objek blok (polyline), sedangkan jika check box Explod terceklis maka objek block berbentuk line seperti saat awal ketika objek belum dibuat block.

Demikianlah pembahasan mengenai perintah INSERT pada autocad, silahkan dipraktikan sendiri. 
Goodluck.
 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »