Post 28 : Perintah Match Properties pada AutoCad

Unknown

Perintah Match Properties pada AutoCad

Perlu diketahui bahwa Perintah Match Properties ini  sebetulnya hampir sama dengan perintah properties yaitu mempunyai fungsi untuk editing objek dua dimensi (2D), jika anda belum mengetahui tentang Perintah Properties silahkan membacanya pada postingan artikel saya sebelumnya Penggunaan Properties pada Autocad. 

Match Properties pada aplikasi autocad memiliki fungsi merubah ataupun mengkloning properties sebuah objek (destination object) menjadi sama persis dengan properties objek yang dijadikan sumber (source destination). Kita dapat menyalin beberapa atau keseluruhan properties dari suatu objek (objek acuan) ke objek lainya (objek tujuan) menggunakan perintah ini. Jenis properties meliputi linetype, warna, lapisan, skala linetype, plot style, dan 3D thickness.

Perintah Match Properties secara default akan menyalin semua properties dengan cara otomatis dari objek acuan yang dipilih ke objek tujuan. Namun jika anda tidak ingin merubah properties tertentu pada suatu objek tujuan, atau properties yang akan disalin tidak secara keseluruhan maka anda bisa gunakan "Setting option to suppres the copying of that property" dengan cara mengetikan perintah "S" (pada command atau bisa langsung tidak pada command) setelah memilih source destintion dan sebelum memilih destination object, dan anda bisa menggunakan opsi pengaturan ini setiap saat ketika sedang menggunakan perintah Match properties.

Cara menggunakan perintah Match properties Autocad dan optimalisasinya
Properties Settings pada Match Properties Autocad


Ok, para pembaca setia blog www.goautocad.net, sekarang kita akan mencoba menggunakan perintah match properties ini dalam aplikasi autocad.

Cara Mudah Menggunakan Match Properties Autocad


Buatalah dua buah rectangle, yang satu berwarna merah dan yang satu lagi berwarna hitam, kita akan merubah rectangle yang berwarna hitam (object destination) mengikuti properties dari rectangle yang berwarna merah (source destination), langkah melakukan perubahan tersebut ialah sebagai berikut ;

- ketikan Ma (MATCHPROP) pada command window, kemudian tekan Enter
- pilih objek acuan (source destination), kemudian
- pilih atau klik objek tujuan (object destination) yang akan dirubah propertiesnya sesuai keinginan,
- untuk mengakhiri perintah Match Properties ini bisa dengan cara menekan tombol Esc, Spasi, atau tombol Enter

Cara menggunakan perintah Match properties Autocad dan optimalisasinya
Mengaktifkan Match Properties Autocad


Perintah Match Properties ini selain bisa dijalankan melalui command window juga bisa di jalankan melauli menu bar, caranya ialah sebagai berikut :

- pilih menu Modify
- pilih Match Properties,
- kemudian untuk merubah properties objek tujuan caranya sama dengan cara menggunakan perintah ini dengan menggunakan command window.

Cara menggunakan perintah Match properties Autocad dan optimalisasinya
Object destination telah berubah


Demikianlah kawan, bagaimana caranya menggunakan perintah Match Properties yang ada pada aplikasi autocad. Agar kawan-kawan lekas menguasainya maka segera praktikan sendiri dan semoga berhasil..
Googluck ..!! 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »