Post 57 : Memindahkan Object Berdasarkan Layer

Unknown

Memindahkan Objek ke Layer Yang Diinginkan


Sebuah desain yang baik tentu harus tersusun secara rapi dan sistematis walaupun memiliki kompleksitas yang sangat tinggi. Karena bila tidak di perhatikan masalah kerapian dan susunan gambar dengan baik, maka akan sangat menyulitkan sekali bila suatu saat terjadi kesalahan atau ada perubahan yang di inginkan di kemudian hari, terlebih gambar tersebut terdiri dari banyak layer dan kompleks.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang dalam proses menggambar kita lupa mempersiapkan dan menyeting segala sesuatunya dengan baik, mungkin karena terburu-buru  mengejar deadline sehingga lupa mempersiapkan tools-tools dalam menggambaryer. Misalnya kita lupa menyeting Layer sesuai kebutuhan tertentu, tapi desain terlanjur dibuat. Umpamanya kita telah membuat layer "window" untuk diterapkan pada jendela tapi belum aktif, sedangkan saat akan menggambar layer yang aktif adalah layer 0 maka secara otomatis gambar berada pada layer 0 tersebut, itu dikarenakan lupa menyeting layer sebelum menggambar. Hal ini akan menyulitkan anda sebagai desainer bila suatu saat akan melakukan perubahan pada gambar.

Baca artikel sebelumnya : Bekerja Dengan Layer Part 2

Tapi tenang saja, pada artikle ini kami akan memberikan jalan keluar atau solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan cara memindahkan objek tertentu pada Layer yang di inginkan sesuai kebutuhan.

Lalu bagaimana cara memindahkan objek yang di inginkan pada sebuah layer tertentu ?

Oke Inilah langkah-langkah Memindahkan Objek Pada Suatu Layer



Untuk mengganti layer yang terlanjur diterapkan pada sebuah objek cukup mudah, seperti halnya mengaplikasikan sebuah layer pada objek.

- pertama pilihlah objek yang akan anda ganti layernya (objek di seleksi), kemudian
- pada menu Ribbon, pilih Layer dan klik dropdown Layer
- setelah itu, pilih layer yang ingin di terapkan pada objek
- setelah layer di terapkan pada objek yang anda inginkan tekan tombol Esc untuk menghilangkan seleksi pada objek. Lihat Gambar 1.

Memindahkan Objek ke Layer Yang Diinginkan www.goautocad.net


Bila objek yang ingin di rubah layernya terdiri dari berbagai macam objek yang berbeda, maka anda harus melakukannya satu-persatu. Tapi bila objek yang ingin di rubah layernya adalah objek yang sama dan mungkin dalam jumlah yang cukup banyak, misalnya seperti objek meja pada sebuah denah perkantoran yang memiliki bentuk serta ukuran yang sama maka kita cukup menggunakan perintah MA (MACHPROP) untuk menerapkan layer pada banyak objek yang sama tersebut. Gambar 2.

Baca artikel selanjutnya : Bekerja Dengan Layer Part 4

Selain dengan cara diatas, untuk memindahkan objek ke layer tertentu, jika jumlah objeknya sangat banyak, Anda dapat melakukannya dengan metode Quick Select (baca: Prinsip Menyeleksi Objek Berdasarkan Layer Tertentu - akan saya posting pada tutorial berikutnya).

Tips Menghindari Kesalahan Penempatan Layer


Untuk mengantisipasi kesalahan penempatan layer seperti pada kasus diatas kita harus mengetahui sedikit prinsip kerja dari Aplikasi Autocad. Secara defaut bila kita membuat objek pada autocad layer yang aktif adalah layer 0 berwarna hitam atau putih dan layer ini secara otomatis pula diterapkan pada objek yang baru dibuat.

Oleh karena itu, sebelum membuat objek tentukanlah terlebih dulu Layer yang akan di gunakan, ini bila anda telah membuat layer sebelumnya. Jika anda belum membuatnya, maka buatlah Layer terlebih dahulu, setelah Anda membuat layer,  langkah selanjutnya adalah memasukkan objek yang ada ke dalam layer yang telah Anda buat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »