Post 58 : Menyembunyikan, Mengganti Warna, & Mengunci Layer

Unknown

Menyembunyikan | Mengganti Warna | Mengunci Layer


Menyembunyikan layer merupakan hal yang sering dilakukan oleh banyak drafter, biasanya dilakukan ketika seorang drafter akan melakukan perubahan pada desain yang di buatnya. Proses menyembunyikan layer ini sangat memudahkan proses editing gambar, terlebih desain yang hendak di edit sangat kompleks. Karena dengan menyembunyikan layer yang tidak di perlukan  saat melakukan perubahan dapat memfokuskan kita dalam proses editing.

Sedangkan merubah warna Layer biasa dilakukan untuk mempermudah drafter dalam mengidentifikasi sebuah objek tertentu atau membedakan objek yang sama tapi diperuntukan pada lokasi yang berbeda maupun untuk tujuan yang berbeda. Dengan warna yang berbeda antara objek satu dengan yang lainya tentu membuat desain menjadi lebih baik dan mudah dibaca.

Baiklah para pembaca blog Go Auto Cad mari kita bahas bersama tentang bagaimana caranya menyembunyikan dan mengganti warna sebuah Layer pada Aplikasi Autocad. Silahkan ikuti artikel ini sampai selesai, agar lebih paham cara melakukanya.


Menyembunyikan Layer, Merubah Warna Layer, Mengunci Layer


1. Langkah Menyembunyikan Layer 


Pertama yang akan kami bahas adalah bagaimana cara menyembunyikan Layer di autocad. Baiklah mari langsung kita bahas bersama bagaimana cara melakukanya.

- silahkan jalankan aplikasi autocad anda, kemudian
- tentukan objek yang layernya ingin anda sembunyikan
- ketik perintah LA(LAYER) untuk memunculkan dialog box Layer Properties Manager, atau
- bisa langsung lewat menu dropdown layer
- selanjutnya silahkan anda pilih layer yang akan di sembunyikan, dan
- klik icon atau gambar lampu pijar pada sisi layer yang di pilih untuk on atau off layer

Secara otomatis layer akan hilang (di sembunyikan) setelah anda mengklik icon lampu pijar, untuk memunculkan layer yang telah di sembunyikan anda tinggal melakukan hal yang sama yaitu mengklik icon lampu pijar sekali lagi.


2. Langkah Mengganti Warna Layer


Selanjutnya kita bahas bagaimana cara merubah warna layer. Untuk melakukan perubahan warna layer pada autocad sangatlah mudah, perhatikan langkah-langkahnya seperti berikut :

- ketik perintah LA(LAYER) untuk memunculkan dialog box Layer Properties Manager, atau
- bisa langsung lewat menu dropdown layer
- selanjutnya silahkan anda pilih layer yang akan di ganti warnanya, dan
- klik icon warna pada layer, selanjutnya silahkan anda pilih warna yang ingin diterapkan pada layer tersebut

Jika layer sedang di aplikasikan pada sebuah objek tertentu maka secara otomatis objek tersebut juga akan berubah warnanya mengikuti warna layer.


3. Langkah Mengunci Layer

Mengunci layer di lakukan apabila kita telah benar-benar yakin bahwa object gambar tidak lagi mengalami perubahan. Dan penguncian ini di perlukan agar tidak semua orang dapat melakukan perubahan pada gambar yang telah di buat, proses penguncian layer sebetulnya hampir sama dengan langkah-langkah yang telah di bahas pada langkah pertama dan kedua di artikel ini. Silahkan perhatikan cara mengunci layer seperti dibawah ini.

 ketik perintah LA(LAYER) untuk memunculkan dialog box Layer Properties Manager, atau
- bisa langsung lewat menu dropdown layer
- selanjutnya silahkan anda pilih layer yang akan di kunci, dan
- klik icon berbentuk gembok pada layer, maka secara otomatis layer telah terkunci dan tidak bisa di rubah lagi

Demikianlah pembahasan tentang cara menyembunyikan dan merubah warna layer pada aplikasi autocad. Silahkan anda mencobanya dan semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk membaca artike-artikel berikutnya, karena kami akan selalu meng-update artikel di blog ini. Terimakasih

Artikel Terkait

Previous
Next Post »